Desain Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

Taman depan rumah minimalis lahan sempit adalah suatu hal yang tidak boleh Anda disepelekan begitu saja. Meskipun ukurannya sempit dan minimalis, taman di depan rumah akan memberikan citra dari hunian menjadi lebih berbeda. Ibarat sebuah penampilan atau baju, taman ini juga bisa memberikan gambaran kepada setiap orang yang melihat bahwa semua ruangan dalam rumah juga rapi seperti bagian luarnya.

Desain Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

Selain memberikan unsur estetika, taman yang berada di depan rumah juga bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal lain pendukung aktivitas seperti sarana belajar, tempat santai dan juga tempat bermain. Tidak memerlukan lahan yang luas, dengan tanah yang sempit saja Anda tetap bisa membuat taman minimalis yang terbaik dan beda dengan lainnya.

Anda kurang percaya? Yuk segera intip beberapa ide desain taman depan rumah dengan lahan yang sempit di bawah ini. jadikan taman dan rumahmu tampil cantik dan berbeda bersama salah satu di antaranya!

1. Taman Batu Tapak

Meskipun hanya taman depan rumah minimalis lahan sempit, Anda tetap berkeinginan untuk menambah unsur hijau dan segara di dalamnya bukan? Sebenarnya lahan sempit memang memberikan Anda batasan untuk menambah unsur tersebut. Tapi rasanya ada yang kurang jika Anda membuat seluruh tanam menjadi hijau.

Nah untuk memberikan kebebasan anggota keluarga dalam beraktivitas Anda bisa menambahkan batu tapak di atasnya. Anda tidak perlu merasa khawatir jika batu tapak ini nantinya akan mematikan semua rumput, sebab pemasangannya justru membuat ruang gerak untuk anggota keluarga dan juga ruang hidup bagi rumput di sekitarnya. Agar hasil lebih dinamis dan juga maksimal, maka Anda bisa memilih batu yang bentuknya persegi.

2. Taman Bertingkat

Bagi kamu yang memiliki rumah atau hunian lebih tinggi dari lahan depan maka taman depan rumah minimalis lahan sempit bertingkat adalah solusi yang sangat tepat untuk Anda terapkan. Membuat sebuah taman depan rumah tidak selalu harus berbentuk datar kok, Anda juga membuatnya lebih beda dengan menyusunnya bertingkat.

3. Taman Berbatu

Batu memang selalu jadi elemen pelengkap penting dalam pembuatan sebuah taman. Setiap batu memiliki bentuk, warna dan juga pola yang berbeda satu sama lain. Bukan sekadar jadi pelengkap dalam bangunan, batu kini juga bisa digunakan sebagai elemen utama dari taman depan rumah minimalis lahan sempit yang akan Anda miliki.

Taman dengan bahan dasar batu juga menguntungkan Anda sebagai pemiliknya, sebab perawatannya cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak tenaga. Anda bisa menambahkan beberapa tanaman hias agar taman semakin terlihat cantik.

4. Taman Mozaik Material

Jika taman didominasi dengan material batu terlihat terlalu ekstrim namun Anda tidak mau meninggalkan elemen batu, maka taman mozaik material batu adalah jawabannya. Agar taman terlihat jauh lebih semakin dinamis gunakan beberapa jenis batuan sebagai bahan dasar untuk membuat mosaik jalan setapak.

Tugas Anda di sini adalah memilih jenis batuan yang memiliki ukuran, bentuk dan juga warna berbeda satu sama lainnya. Sehingga, taman dengan lahan yang sempit ini bisa dimanipulasi dengan beragam batu yang telah terpasang. Orang yang berada di taman tidak akan fokus pada ukuran lahan yang kecil namun justru susunan batuan yang indah.

5. Taman Berkolam

Ketika berbicara tentang taman memang erat kaitannya dengan tanah, tanaman, rumput dan juga kolam yang akan menghiasinya. Namun banyak orang yang beranggapan taman depan rumah minimalis lahan sempit tidak mungkin bisa diciptakan dukungan kolam. Namun tenang saja Anda tetap bisa menambahkan kolam meskipun ukurannya sangat sempit.

Kolam pada taman bisa membantu menjaga kelembapan udara yang ada di sekitar rumah. Di sisi lain Anda juga bisa memelihara ikan sehingga taman menjadi lebih hidup. Tambahkan juga elemen air mancur sederhana agar suara gemericik air bisa membuat seluruh orang yang datang menjadi lebih nyaman dan menenangkan.

6. Taman Paduan Kayu dan Batuan

Bagi Anda yang menyukai kesan natural maka taman dengan paduan kayu dan batuanlah yang bisa buat. Lantai taman bisa dibuat dengan dek kayu sedang sisi-sisi yang kosong bisa Anda tambahkan dengan batuan alam berwarna putih bersih. Penataan taman depan rumah minimalis lahan sempit ini memang dianggap selalu berhasil dalam menciptakan nuansa natural.

Jika Anda ingin memakai konsep taman paduan kayu dan batuan, maka selalu pastikan jika kayu yang akan digunakan nantinya merupakan jenis yang paling kuat serta memenuhi spesifikasi untuk bagian luar ruangan. Apabila kayu sejenis ini sangat sulit untuk didapatkan, Anda bisa menggantinya dengan material dari lantai dari kayu artifilasi. Material ini juga sedang jadi trend di dunia properti.

Demikian beberapa desain menarik taman depan rumah minimalis lahan sempit. Anda bisa memilih salah satu desain yang mana paling menarik dan sesuai dengan tema rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk menghadirkan hunian dengan taman beda dengan lainnya.

Leave a Comment

error: Content is protected !!