Desain Model Jendela Minimalis yang Terbaik untuk Berbagai Tema Rumah

Sebuah rumah rasanya kurang lengkap ketika beberapa aksen utama ditinggalkan, terutama bagian jendela. Entah jendela pada kamar atau ruangan lainnya, jendela akan selalu menjadi hal terpenting dan wajib ada pada sebuah hunian. Sebab, selain unsur keindahan jendela memiliki fungsi sebagai sirkulasi udara dan juga cahaya yang menyehatkan.

Model Jendela Minimalis

Penampilan dan juga kecantikan dari sebuah rumah pada dasarnya sangat bergantung pada model jendela yang dipilih oleh si pemilik rumah, baik itu dari sisi eksterior atau sisi interiornya. Nah saat ini, model jendela yang sedang digandrungi dan banyak ditemukan pada beberapa rumah adalah model jendela minimalis.

Anda mulai penasaran dengan bentuk dan model dari jendela berukuran kecil ini? Di bawah ini adalah beberapa ulasan singkat tentang jendela minimalis yang bisa dijadikan inspirasi untuk hunian Anda. Yuk langsung saja simak ulasannya!

1. Model Lengkung Klasik

Jendela Lengkung Klasik
pngdownload.id

Model jendela mungil pertama adalah lengkung klasik. Kehadiran ide jendela ini akan mempercantik keindahan rumah dari sisi interior secara langsung. Peletakannya juga bisa dibuat sedikit menonjol ke luar agar ruang gerak di dalam rumah semakin tercipta dengan mudah.

Kebanyakan jendela model klasik ini dimiliki oleh orang-orang dari Eropa. Sebab, sebagian orang Eropa memang menyukai hal-hal yang sifatnya klasik. Agar keindahan dalam rumah semakin terasa Anda bisa menambahkan gorden dan beberapa hiasan lain yang sesuai dengan tema klasik.

2. Double Hug

Jendela Double
tokopedia.com

Model jendela minimalis selanjutnya adalah double hug. Model jendela satu ini sudah cukup populer di luar negeri dan saat ini sudah mulai merambah dan digunakan oleh beberapa orang Indonesia. Bahkan tidak jarang model double hug juga telah jadi trend mode jendela di beberapa perumahan besar.

Jendela double hug cenderung dianggap lebih praktis daripada lainnya, karena hanya menghubungkan dua kaca pada satu frame. Sehingga, kesan dinamis pun dapat muncul secara sempurna. Pemakaian jendela yang bisa digeser ini bisa semakin menambah penggunaan energi di dalam rumah dengan mengunci hawa panas atau dingin yang masuk ke dalam.

Sebenarnya model jendela minimalis double hug ini juga membutuhkan unsur layer pada rumah yang berukuran sempit. Sehingga nantinya tidak memerlukan cukup membutuhkan satu jendela saja agar suasana rumah semakin hidup.

3. Minimalis Transom

Jendela Minimalis Transom
dekoruma.com

Bentuk jendela minimalis transom ini didukung dengan daun telinga yang bisa dibuka hingga lebar sesuai dengan keinginan pemilik rumah. Keunikan dari jendela ini adalah ketika dibuka sesuai keinginan maka secara otomatis bisa tertahan.

Anda bisa menempatkan model jendela minimalis Transom di bagian mana saja, sesuai dengan keinginan. Bukan hanya di daerah rendah dan perkotaan saja yang bisa menggunakan jendela transom, namun daerah dataran tinggi seperti pegunungan juga dapat memakainya. Ruang kamar mandi dan toilet juga cocok dengan jendela ini.

4. Jendela Lipat

Kusen Jendela Lipat Kayu dan Alumunium
bukalapak.com

Satu keunikan yang bisa Anda dapatkan ketika memiliki jendela model lipat adalah bisa melipatnya kapan saja sesuai dengan kondisi dan keinginan Anda. Inspirasi jendela seperti ini meminimalisir simpanan debu dan juga bulu hewan yang masuk ke dalam rumah. Selain sebagai sirkulasi udara, Anda juga bisa menggunakan model jendela yang bisa dilipat sebagai penyekat atau pembatas dari ruang satu dengan lainnya.

5. Stationary

Jendela Stationary
premiumupvc.com

Sangat berbeda dengan beberapa model jendela minimalis di atas, model stationary justru tidak bisa dibuka sama sekali. Jadi murni hanya sebagai hiasan rumah yang ditempatkan pada sudut-sudut ruangan.

Kesan elegan akan didapatkan jika Anda memasangnya pada sisi yang lebih tinggi sebagai sumber penerangan ruangan. Pada umumnya model jendela stationary identik dengan jenis rumah bertema kontemporer dan selalu jadi bagian dari penerangan yang paling strategis dari sebuah hunian.

6. Frosted

Model jendela Frosted ini sengaja dirancang bagi Anda yang ingin menerapkan sebuah hunian dengan sedikit privasi dengan pemasangan kaca buram. Sama halnya dengan model sebelumnya Anda bisa menemukan jendela ini pada rumah-rumah bertema kontemporer.

Peletakan jendela biasanya berada di bagian kamar mandi atau sudut kamar tidur. Masalah perawatan juga tergolong sangat mudah. Hanya bermodalkan kertas buram atau semprotan jendela saja semua sudah beres.

7. Jendela Geser

Model Jendela Geser Alumunium, harga
indonesian.alibaba.com

Model jendela minimalis yang terakhir adalah jendela geser. Hampir sebagian besar orang Indonesia memilih model ini karena bisa dirasa lebih praktis dan efisien tanpa harus memakan cukup banyak tempat.

Jendela ini biasanya digeser dengan satu arah secara horizontal dan menumpuk pada bagian kaca lainnya. Jika Anda memiliki rumah dengan desain tema interior yang modern dan kontemporer maka jangan ragu lagi terapkan model jendela geser sekarang juga.

Itu tadi 7 jenis model jendela minimalis yang bisa Anda pilih agar hunian semakin terlihat menarik dan manis. Sesuaikan semuanya dengan desain dan tema rumah. Kini lahan sempit tidak lagi jadi masalah, justru semua bisa ditutupi dengan bentuk jendela yang tepat. Selamat mencoba!

Leave a Comment

error: Content is protected !!